Memasukan Data Koordinat dari Tabel Excel ke ArcMap

Kali ini ane tulis sekelumit cara memasukan data koordinat pada tabel yang dibuat di ms excel ke dalam arcmap 10.

Untuk memasukkan data koordinat digunakan fitur “add data XY” pada arcmap.
Sedikit berbeda dengan vesi sebelumnya arcmap 9.x, apa bedanya ? 


  



Penampakan pada arcmap 10.


Yang pertamax adalah peletakan “add XY data”, pada arcmap 10 ditempel di tab File, sedangkan pada versi sebelumnya arcmap 9.x ditempel pada tab Insert.

Yang keduax adalah adanya tambahan fitur yang disediakan pada arcmap 10, yaitu “Z Field” , input untuk memasukkan ketinggian titik koordinat.

Berhubung ane sudah g pake versi 9.x penampakannya g bisa ane kasih untuk perbandingan.
Ane cuma tulis seinget ane, jadi cuma ada 2 itu untuk sementara.

CMIIW.



Langkah Kerja

Yang pertama siapin data tabel di ms excel. Contoh tabel.


Perlu diketahui baris pertama akan dikenali sebagai parameter input pada arcmap sehingga tiap kolom pada baris pertama menunjukkan maksud dan isi tiap kolomnya.

Buka arcmap 10, lalu cari “add data XY” di tab File seperti gambar paling atas.


Cari file excel yang dimaksud di folder agan. Setelah ketemu, akan ada pilihan sheet, pilih sheet yang ada data koordinatnya.


Setelah itu sesuaikan kolom koordinatnya masing masing, koordinat x pada kolom x_utm dan y pada y_utm, berhubung nilai z tidak ada, maka dapat diabaikan.
Lalu pilih sistem koordinatnya dengan klik tombol edit,kebetula ane pake utm, lalu klik ok dan ok.


Berikut penampakannya.

Untuk bisa diedit lebih lanjut bisa konvert dulu ke format shp, dengan cara klik kanan pada layer data tabel excel tersebut dan pilih data dan pilih export data.


Sekian dari ane, semoga bermanfaat.

11 komentar:

  1. NTAP GAN :thumbup

    BalasHapus
  2. gan..punya gua gak masuk
    failed to connect to database.
    An underlying database error occured.
    Class Not registered

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti format excel ny pake yabg 2003 gan, punya gw tadinya gitu, tpi stlah ganti format bisa kok

      Hapus
    2. file nya harus sambil dibuka gan

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. coba instal ini, database connection. linknya ada disini.
      Instal Connection Database

      Hapus
  3. gan....pux gua data exelnya g terbaca

    BalasHapus
  4. Kalau titik nya ngk sesuai sama tempat di peta gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. data input nya sudah sesuai?

      Hapus